Pages

PKL/PSG taon 2007

taon 2007..rasanya kayak nano2 dalam perjalanan hidup (lebay..tapi nyata :p). gak kerasa kalo sekarang udah kuliah semester 6. sudah tua rupanya..xixixi. Flashback lagi ke taon 2007 rasanya gak ada salahnya. jujur saja ditaon itu banyak pelajaran penting yang dapat diambil. bersekolah di grafika itu bagiku sebuah rejeki nomplok..wkwkwk..tapi itu nyatanya. dapet temen2 sekelas yang kompak. dapet keluarga keduaku di pasQ. seneng rasanya dapet temen banyak yang gak pernah aku dapetin di smp dulu..seneng bisa ketemu temen seperti kalian..terutama angel. :) (jadi kangen..hampir 3th sudah gk ketemu T_T).
awal masuk grafika, bingung sama tuh sekolah..disuruh bikin film dikamar gelap, montage, desain, setting..semuanya gak tak pahami. tapi ada temen2 kayak nike, angel, shita, nisa', sopek, siti, kesi, yasmin..hwahh jadi rame tu kelas..jadi inget makan2 bareng pas di ruang montase dulu..hwah..kenangan indah tu pren..rasanya cepet tiba2 juga udah berangkat pkl/psg.
nah disini intinya.berangkat pkl ke sidoarjo, pertama kalinya pisah sama ortu..masih inget tuh kalo aku nangisnya berlebihan..wkwkwk..isin2i..tapi yaweslah..sudah berlalu. tiba di tempat pkl sama mirza sama sutris. hyuh ga ada temen cewek. satu kawasan perusahaan di gedangan banyak anak grafika tapi kok ya ceweknya cuman aku tok ya...special one..haha..
nah di pkl ini yang ilmunya didapetin paling banyak.ceritanya aku disitu plate making+montage. mirza sama sutris di bagian cetak. ternyata tempatku itu sm bapak2 ibu2 yang udah tua..yang muda itu cuman aku (secara..) sama dua pembimbingku. pembimbingku pertama itu orangnya nyante bgt. pembimbingku yang kedua itu yang agak2 giamana gitu. ada sifatnya yang kadang bikin jengkel. suka mojokin orang..wah2...sulit buat orang yang punya kepercayaan dri yang rendah.
bermacam-macam orang yang ku temui di perusahaan, ada yang kegenitan, ada yang konyol, ada yang suka nonton bokep, ada yang suka marah2, ada yang suka tereak2, ada yang suka misuh2...banyak dah. nah pengalaman yang paling ga terlupakan itu pas kerja lembur, ngerjakan poster,, gara2 platenya yang agak jelek, pengaruh ke cetakannya..cetakan 5000 kalo gak 10000 salah...trus yang bikin platenya itu aku..oh My God..help me please...pagi2 dateng udah ada kata2 kotor terpampang di meja montage...dimarahin abis2 sama pembimbingku itu..smp siang gak disapa..byuh2 benar2 dipojokkan..yang paling gak enak itu ya pas lembur smp jm 8 malem selama hampir tiap bulan..tiap pulang ke malang harus pijet...ckckck..itu kehidupan di perusahaan
kehidupan dikos2an gak jauh beda..soale masih 1kos sama pembimbingku..juga terdapat banyak macam orang disana, ada yang SUSIS, ada yang yang suka marah2..ada yang suka gosip, ada yang suka saling "gegeran" antar tetangga..wah seru tapinya..ibu kosku lumayan baik...1 bulan cuman 75 ribu. tapi susahnya kalo mau ke KM harus nimba air dulu...temen2 kampung lumayan banyak.udah gede2..ada yang peminum ada yang kerja dibengkel,ada yang pengangguran, ada yang kerja gak jelas..tapi alhamdulillah semua baik2 dan care ...itu yang terpenting.
trus satu lagi ada temen cewek..alhamdulillah dateng ditengah2 pkl ku,,,namanya mbak dwi..wah nih orang care care care banget...haha...suwun sing akeh mbak...alhamdulillah aku ono koncone...suwun2 sangat... :)
nah yang paling seru tu pas perjalanan naek KA nya dari malang ke SDA nya..senin pagi subuh2 sudah harus mandi..berangkat ke stasiun kota baru sebelum jm stgh 5..nah disini nih tempat reunian paling seru buat anak2 grafika yang pkl di sda maupun sby. jm stgh 5 ketemu say hai sana sini , jadi kenal banyak temen yang sebelumnya gak pnah knal digrafika..1 gerbong diisi anak grafika..beuh senengnya..pas pulang kemalang juga sama..alhamdulillah juga banyak temennya...nah ini nih temenku sing paling so sweet di sda..mirza..tiap pulang bareng ke malang dia yang nyariin tempat duduk di KA..hwehwe,,,,suwun ya bro...pertolonganmu tak akan kulupakan..wkwkwk...
nah pelajaran penting yang tak ambil pas pkl itu banyak pren:
1. hidup sangat perlu disyukuri..banyak orang yang masih berada dibawah kita.
2. jangan suka mojokin orang yang udah berbuat salah..tenangkan hatinya..beri dia nasehat bagaimana dia seharusnya.
3. gak bakalan balik lagi kerja di disana soale pabrike pabrik gak sehat..(orang2nya)
4. jangan suka menjustifikasi orang sebelum kamu benar2 tau dia orang seperti apa.
5. menjaga pertemanan itu penting pren.
6. hidup terkadang tak selalu seperti yang kita harapkan. tapi itulah keputusan terbaik dari Yang Maha Agung
7. orang menjalani hidup itu dengan cara2 yang berbeda untuk mendapatkan "bahagia" ..maka dari itu jangan suka memaksakan kehendakmu pada orang lain. kadang menurutmu sesuatu yang baik itu baik juga untuk orang lain. kadang kamu tau kalo tiap orang itu beda2 tapi kenapa kamu msh tetep suka memaksakan kehendakmu???nah itu perlu dikaji ulang...
8. kadang orang paham akan sesuatu itu karena orang lain pun pernah mengatakan hal yang sama, tapi apa kamu pernah benar2 tau sebelum pernah mengalaminya??kadang hanya sekedar tau..tapi dalam realita kehidupan dia tidak bisa mempraktekkannya..percuma dong....
9. hati2 dengan orang yang baru dikenal apalagi kalo kamu tipe2 orang yang mudah dibohongi..ckckck..pengalaman buruk..
10. jika kamu tinggal di tempat yang jauh dari tempat asalmu, kenalilah tempatmu itu....sayang banget kalo gak dinikmati..
11. setelah berfikir agak panjang, rupanya kedewasaan seseorang itu sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar..
12. sebenarnya tiap perjalanan hidup kita, banyak sekali pelajaran penting yang kadang terlewatkan begitu saja..untuk itu kita juga harus jeli untuk memperhatikan sekitar kita..
wah kayaknya masih banyak lagi...kangen pren pengen naek KA maneh jm stgh 5 ke SBY lagi...kapan yow..haha..

0 comments:

Posting Komentar