Pages

APLIKASI SIAKAD MOBILE LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA


APLIKASI SIAKAD MOBILE LAPORAN HASIL BELAJAR SISWA

Shinta Rahayu E(08650153)
Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi
UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Abstrak, Aplikasi yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java yang diimplementasikan pada perangkat mobile yaitu Java 2 Micro edition atau J2ME, untuk membangun sebuah aplikasi siakad yang mengakses webserver. Aplikasi ini diharapkan bermanfaat bagi para orangtua untuk mengetahui nilai-nilai ulangan, UTS maupun UAS sehingga orang tua lebih mudah dalam memantau perkembangan anak-anak mereka serta bagi para guru yang menguasai perangkat mobile untuk dapat terus mengupdate nilai-nilai dari anak didiknya.
Pembahasan dalam paper ini dimulai dari pemahaman desain sistem, kemudian disertai dengan alur-alur dari user-user yang terlibat. Dilengkapi pula dengan desain database dan kebutuhan data yang diperlukan.
Kata Kunci  : J2ME, SIAKAD, RAPORSISWA

1.       PENDAHULUAN
Setiap lembaga pendidikan selalu menginginkan kemajuan dari anak didik mereka.  Misalnya dengan memprogram ulangan, UTS maupun UAS. Hasil dari ulangan, UTS maupun UAS menjadi parameter perkembangan kegiatan belajar mengajar tersebut. Oleh karena itu, pendidik juga perlu untuk mengupdate data kapan saja dan dimana saja.
 Lembaga pendidikan yang mengeluarkan tenaga pendidik berkualitas ternyata tidak cukup ampuh untuk meningkatkan perkembangan anak didik. Oleh karena itu, lembaga pendidikan memerlukan kerja sama yang baik dengan wali murid. Wali murid atau orang tua memiliki peran penting dalam perkembangan anak. Dengan memantau perkembangan hasil belajar anaknya, orang tua akan mengetahui bagaimana cara memotivasi anak tersebut. Tapi seringkali, anak tidak jujur kepada orang tuanya mengenai hasil dari ulangan, UTS maupun UAS. Sehingga banyak info dari sekolah yang tidak sampai ke orang tua. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah sistem informasi akademik laporan hasil belajar yang mampu diakses orang tua/wali murid dimana saja dan kapan saja.
Tujuan dibentuknya sistem infomasi ini adalah orang tua dapat mengakses nilai  secara real time. Selain itu, tenaga pendidik dapat mengakses dan memanipulasi data secara real time. Sedangkan dari segi manfaatnya banyak sekali, misalnya orang tua dapat memantau perkembangan kapan saja dan dimana saja sehingga orang tua tahu bagaimana cara memotivasi anaknya tersebut. Dari segi tenaga pendidik, manfaat yang diperoleh adalah kemudahan dalam mengankses dan memanipulasi data. Selain itu aplikasi ini juga mengurangi tindak ketidak jujuran anak.

2.       RANCANGAN SISTEM
Desain sistem disini melibatkan dua user yaitu guru dan wali murid. User pertama yaitu guru,  ruang lingkupnya hanya sebatas melihat laporan nilai dan input mata pelajaran. Sedangkan wali murid, ruang lingkupnya sebatas mengakses database dan melihat laporan nilai anak mereka. Sistem ini dirancang dengan sifat real time. Oleh karena itu, guru maupun wali murid dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja. Untuk gambaran lebih jelasnya lihat gambar 2.1.

0 comments:

Posting Komentar