Pages

Invertebrata (Hewan Tak Bertulang Belakang)

Hewan tak bertulang belakang atau invertebrata, yaitu jenis hewan yagn tidak memiliki rangka bagian dalam. Contohnya ikang sotong memiliki jenis kulit bagian dalam dan rangka luar (Exoskeletons). Termasuk warga invertebrata antara lain cacing dan bunga karang sampai siput dan serangga. Sebagian besar jenis hewan ini hidup di air.

Ada sekitar 20 kelompok jenis invertebrata. Sebagian diantaranya memiliki arti penting bagi kehidupan hewan lain. Coelenterata di dalamnya termasuk ubur-ubur,  ampai-ampai dan bunga karang, Molusca memiliki kulit keras seperti bintang laut, tiram, limpet, siput, gurita dan cumi-cumi.

Annelida- sejenis cacing dan digolongkan ke dalam keluarga cacing tanah. Arthropoda atauhewan berkaki banyak diantaranya serangga, laba-laba, kelabang, luwing, dan binatan penjepit kulit keras seperti kepiting dan udang. Echinodermata memiliki lima buah sisi seperti bintang laut dan hewan laut seperti undur-undur.

Cordata adalah hewan berkelompok. tubuhnya memiliki beberapa ciri khas yaitu adanya penyanggah bagian dalam guna mendukung tubuhnya, organ tersebut akan lepas ketika dewasa. Sekitar 1300 spesies invertebrata, termasuk hewan penyembur. Hewan cordata juga ada yagn memiliki tulang belakang.

sumber : Almanak Pelajar Indonesia

0 comments:

Posting Komentar