Pages

Listrik dan Elektronika

Arus Listrik adalah salah satu bentuk energi. Misalnya pada energi yang mengoprasikan alat-alat rumah tangga. Meskipun sesungguhnya energi listrik ada pada setiap benda. Setiap atom terdiri dari partikel-partikel yang bermuatan listrik termasuk didalamnya proton-proton yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif. Sedangkan elektronika adalah suatu bagian penting dari studi mengenai elektronik. Ilmu tersebut mempelajari bagaimana elektron mengontrol arus listrik. Ilmu yang berurusan dengan pulsa arus. Arus Listrik sering dikontrol oleh alat-alat semacam transistor semi konduktor.

Dewasa ini elektronika terlibat banyak dalam kehidupan sehari-hari. Elektornika di pabrik-pabrik untuk mengatur mesin-mesin robot, dirumah dll. salah satu terapan penting dalam bidang elektronika adalah produksi kalkulator dan komputer. Berikut ini adalah tahun-tahun penting dalam elektronika:

  • 1982 Kapasitas chip untuk menyimpan data bertambah sampai 256kilobit
  • 1983 Compact Disk (CD) muncul di pasaran
  • 1984 Kapasitas chip memori bertambah menjadi 1MB
  • 1986 Radio dua-arah untuk dipasang di pergelangan tangan yang beratnya hanya 2 ons dikembangkan di jepang. sebuah alat elektronik bernama Pacemaker yagn dapat mengubah kecepatan detak jantung sesuai dengan yang diinginkan pasien sedang berlatih dikembangkan di Amerika Serikat
  • 1987 Kapasitas memori menjadi 4MB dan 16MB dikembangkan di Jepang. "Kartu Cerdik" kartu kredit dengan komputer di dlamnya untuk mencegah segala bentuk pemalsuan dan kelebihan pengiriman sedang di uji di Amerika Serikat. Video 3D pertama dikenalkan.
  • 1988 Televisi sakku berwarna pertama dipasarkan.

0 comments:

Posting Komentar